PS3 YLOD Reballing

YLOD (Yellow Light of Death) adalah suatu kondisi dimana Play Station 3 tidak bisa dioperasikan (mati) karena Overheat atau panas berlebih pada bagian Processor dan GPU PS3. Kasus YLOD ini sering terjadi pada konsol Sony Play Station 3 tipe Fat dan PS3 Slim (versi tertentu).

Jika PS3 Anda mengalami YLOD, sebaiknya pilih perbaikan Reballing, bukan Reflowing.

CARA MENCEGAH PS3 AGAR TIDAK MUDAH YLOD

Selajutnya adalah tips untuk mencegah YLOD pada PS3. Sebaiknya bagi kamu yang ingin membeli PS3 baik PS3 OFW, CFW, & ODE, hindarilah PS3 Fat apapun alasannya, karena untuk PS3 Fat kemungkinan terjadi YLOD sangat besar. Tetapi bila sudah terlanjur membeli PS3 Fat atau Slim, simak tips berikut agar PS3 tidak mudah terserang penyakit YLOD.

  1. Gunakan PS3 sewajarnya Jangan gunakan PS3 seharian penuh atau Nonstop, hal ini bisa mempercepat overheat pada PS3 yang berakibat YLOD
  2. Penempatan PS3 Jangan letakkan PS3 diatas karpet, kasur, kain, atau apa saja yang bisa menyebabkan overheat (memperlambat keluarnya suhu panas PS3) saat PS3 digunakan.
  3. Thermal Paste Gantilah Thermal Paste yang ada pada ic processor dan ic cpu secara berkala (lebih baik 6 bulan sekali), Thermal paste yang kering pada CPU dan Processor bisa mengakibatkan YLOD. Satu lagi, Thermal Paste yang digunakan haruslah berkualitas, jangan murahan.
  4. Pendingin PS3 Usahakan PS3 tetap dingin saat digunakan, hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan fan / kipas angin / turbo fan saat PS3 dimainkan. Banyaknya kipas tergantung dari tingkat panasnya PS3. Penempatan PS3 diruangan ber AC juga bisa mendinginkan PS3.

Itulah informasi seputar Apa itu YLOD PS3, cara memperbaiki & mencegah YLOD pada PS3. Harga konsol PS3 tidaklah murah, sehingga kamu harus benar benar memperhatikan pemakaian agar PS3 tahan lama dan awet, walaupun nantinya dijual lagi harganya tidak banyak turun karena PS3 memang tidak pernah terjadi masalah (kerusakan). Semoga bermanfaat.